LANDASAN TEORI
1
Pengertian Simulasi
Menurut
Noviyasari C (2013), simulasi merupakan sebuah
sistem yang bertujuan untuk menyelesaikan dan memecahkan masalah berdasarkan
dalam kehidupan nyata. Permasalahan yang ada selalu memiliki presentase
ketidakpastian dan digambarkan dalam sebuah model tertentu dan memanfaatkan
kinerja software komputer untuk
mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Kelebihan dengan menggunakan
model simulasi adalah sebagai berikut:
1.
Compress
Time (Menghemat Waktu).
Jika dalam suatu kejadian nyata misalkan dalam
proses produksi membutuhkan waktu yang lama maka, dengan membuat simulasi model
akan lebih menghemat waktu dan mengoptilisasi proses produksi itu sendiri.
2.
Expand
Time (Dapat Melebar luaskan
Waktu).
Simulasi
dapat dimanfaatkan untuk mempresentasikan perubahan struktur dari suatu sistem
nyata yang akan diamati (real sistem) sekalipun sistem nyata tersebut sangat susah dan membutuhkan waktu yang
lama. Hal ini terlihat terutama dalam bidang statistik sehingga dapat
menghasilkan proses dengan waktu yang cepat.
3.
Stop
Simulation and Restart (Dapat
dihentikan dan dijalankan kembali).
Simulasi
model dapat dihentikan sementara demi menunjang proses pencatatan maupun proses
peninjuan dari sistem itu sendiri. Sehingga model simulasi yang dibuat akan
lebih akurat dalam mempresentasikan sistem nyatanya.
2
Software Arena
Software
arena merupakan perangkatan lunak
komputer yang digunakan secara virtual untuk mempresentasikan suatu sistem
antrian beserta hasil dari analisanya. Software
arena menggabungkan fungsi-funsi dari simulator tingkat tinggi berdasarkan
fleksibilitas dari bahasa simulasi SIMAN atau bisa juga ditambahkan bahasa
pemrogaman sperti VBA, C, C++. Model simulasi yang digunakan dalam software arena terdiri dari modul-modul flowchart maupun modul-modul data.
Modul-modul flowchart digunakan untuk
memodelkan logika sistem dan modul-modul data berfungsi untuk menerjemahkan
komponen-komponen dari sistem (Nashrulhaq., dkk, 2014).
Menurut
Prihati Y, 2016 software arena akan
membantu operator untuk merancang model simulasi yang diinginkan dengan cara
memanfaatkan modul-modul yang menyatakan proses atau logika. Garis penghubung
yang menghubungkan antar simbol di dalam arena digunakan untuk menghubungan
antar modul serta dimanfaatkan untuk menyatakan aliran entitas. Arena dapat
digunakan dengan baik jikan menggunakan teknologi microsoft salah satunya
adalah visual basic. Namun, arena
juga bisa digunakan dalam penggunaan diagram alir yaitu dengan menggunakan microsoft visio, microsoft excel dan microsoft acces. Simbol yang biasa digunakan dalam software
arena adalah sebagai berikut:
1. Create: berguna untuk menyatakan modul
yang menggambarkan kedatangan entitas
2. Decide: berguna untuk menyatakan modul
yang menggambarkan antrian dalam entitas
3. Process: berguna untuk menyatakan
modul pelayanan loket atau saat proses berlangsung
4. Dipose : digunakan untuk menyatakan
modul ketika semua proses telah selesai dikerjakan.
3
Proses Verifikasi Model
Menurut
Ayunina., dkk, 2016 proses verifikasi adalah suatu proses yang bermanfaat untuk
memastikan apakah model simulasi yang dirancang dapat bekerja dan berjalan
sesuai dengan apa yang diinginkan serta dapat digunakan untuk memastikan jika
model bebas dari error. Verifikasi dapat dilakukan dengan tiga cara
sebagai berikut:
1.
Ketika simulasi model
pada software arena sudah selesai
didesain maka akan dilakukan pemeriksaan satuan waktu pada masing-masing modul,
sehingga sesuai dengan satuan waktu yang pada sistem nyata.
2.
Menekan keyboard F4
jika tampilan arena masih aktif guna untuk memeriksa ada nya error atau tidak
pada sistem simulasi model yang diinginkan tersebut. Membandingkan model arena
dengan model ACD yang telah dirancang sebelumnya.
4
Activity cycle Diagram
Activity cycle digram merupakan
sebuah grafik yang menggambarkan tentang pemodelan suatu sistem nyata dengan
mempertimbangkan hubungan atau relasi antara elemen sistem dan proses perubahan
elemen diskrit terhadap waktu. entitas yang digunakan dalam Activity cycle digram terdiri dari dua
yaitu entitas permanen dan entitas sementara. Aktifitas yang digunakan dalam Activity cycle diagram terdiri dari dua
juga yaitu aktivitas aktif yang disimbolkan dengan gambar persegi empat dan
juga aktivitas pasif yang disimbol kan dengan gambar lingkaran (Lasminiasih,
2016).
Labels:
Pengetahuan
Thanks for reading Pengertian simulasi dan software ARENA. Please share...!
0 Komentar untuk "Pengertian simulasi dan software ARENA"