Pengertian simulasi dan software ARENA

LANDASAN TEORI


1 Pengertian Simulasi

Menurut Noviyasari C (2013), simulasi merupakan sebuah sistem yang bertujuan untuk menyelesaikan dan memecahkan masalah berdasarkan dalam kehidupan nyata. Permasalahan yang ada selalu memiliki presentase ketidakpastian dan digambarkan dalam sebuah model tertentu dan memanfaatkan kinerja software komputer untuk mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Kelebihan dengan menggunakan model simulasi adalah sebagai berikut:
1.        Compress Time (Menghemat Waktu).
Jika dalam suatu kejadian nyata misalkan dalam proses produksi membutuhkan waktu yang lama maka, dengan membuat simulasi model akan lebih menghemat waktu dan mengoptilisasi proses produksi itu sendiri.
2.        Expand Time (Dapat Melebar luaskan Waktu).
Simulasi dapat dimanfaatkan untuk mempresentasikan perubahan struktur dari suatu sistem nyata yang akan diamati (real sistem) sekalipun sistem nyata tersebut sangat susah dan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini terlihat terutama dalam bidang statistik sehingga dapat menghasilkan proses dengan waktu yang cepat.
3.        Stop Simulation and Restart (Dapat dihentikan dan dijalankan kembali).
Simulasi model dapat dihentikan sementara demi menunjang proses pencatatan maupun proses peninjuan dari sistem itu sendiri. Sehingga model simulasi yang dibuat akan lebih akurat dalam mempresentasikan sistem nyatanya.




2 Software Arena


Software arena merupakan perangkatan lunak komputer yang digunakan secara virtual untuk mempresentasikan suatu sistem antrian beserta hasil dari analisanya. Software arena menggabungkan fungsi-funsi dari simulator tingkat tinggi berdasarkan fleksibilitas dari bahasa simulasi SIMAN atau bisa juga ditambahkan bahasa pemrogaman sperti VBA, C, C++. Model simulasi yang digunakan dalam software arena terdiri dari modul-modul flowchart maupun modul-modul data. Modul-modul flowchart digunakan untuk memodelkan logika sistem dan modul-modul data berfungsi untuk menerjemahkan komponen-komponen dari sistem (Nashrulhaq., dkk, 2014).
Menurut Prihati Y, 2016 software arena akan membantu operator untuk merancang model simulasi yang diinginkan dengan cara memanfaatkan modul-modul yang menyatakan proses atau logika. Garis penghubung yang menghubungkan antar simbol di dalam arena digunakan untuk menghubungan antar modul serta dimanfaatkan untuk menyatakan aliran entitas. Arena dapat digunakan dengan baik jikan menggunakan teknologi microsoft salah satunya adalah visual basic. Namun, arena juga bisa digunakan dalam penggunaan diagram alir yaitu dengan menggunakan microsoft visio, microsoft excel dan microsoft  acces. Simbol yang biasa digunakan dalam software arena adalah sebagai berikut:
1. Create: berguna untuk menyatakan modul yang menggambarkan kedatangan entitas
2. Decide: berguna untuk menyatakan modul yang menggambarkan antrian dalam entitas
3. Process: berguna untuk menyatakan modul pelayanan loket atau saat proses berlangsung
4. Dipose : digunakan untuk menyatakan modul ketika semua proses telah selesai dikerjakan.


3 Proses Verifikasi Model

Menurut Ayunina., dkk, 2016 proses verifikasi adalah suatu proses yang bermanfaat untuk memastikan apakah model simulasi yang dirancang dapat bekerja dan berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan serta dapat digunakan untuk memastikan jika model bebas dari error. Verifikasi dapat dilakukan dengan tiga cara sebagai berikut:
1.      Ketika simulasi model pada software arena sudah selesai didesain maka akan dilakukan pemeriksaan satuan waktu pada masing-masing modul, sehingga sesuai dengan satuan waktu yang pada sistem nyata.
2.      Menekan keyboard F4 jika tampilan arena masih aktif guna untuk memeriksa ada nya error atau tidak pada sistem simulasi model yang diinginkan tersebut. Membandingkan model arena dengan model ACD yang telah dirancang sebelumnya.

4 Activity cycle Diagram

Activity cycle digram merupakan sebuah grafik yang menggambarkan tentang pemodelan suatu sistem nyata dengan mempertimbangkan hubungan atau relasi antara elemen sistem dan proses perubahan elemen diskrit terhadap waktu. entitas yang digunakan dalam Activity cycle digram terdiri dari dua yaitu entitas permanen dan entitas sementara. Aktifitas yang digunakan dalam Activity cycle diagram terdiri dari dua juga yaitu aktivitas aktif yang disimbolkan dengan gambar persegi empat dan juga aktivitas pasif yang disimbol kan dengan gambar lingkaran (Lasminiasih, 2016).
Labels: Pengetahuan

Thanks for reading Pengertian simulasi dan software ARENA. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian simulasi dan software ARENA"

Back To Top