ANALISIS
DAN PEMBAHASAN
1
Deskripsi Sistem Nyata
Sistem Nyata
yang kami amati adalah sistem pada pelayanan pengobatan di Dr. Ahmad Ni’am
Surabaya. Pada sistem di Dr. Ahmad Ni’am terdapat 3 server, yaitu loket pendataran, pelayanan dokter, dan apotek.
a Server
1
Server 1 merupakan loket
pendataran yang dilayani oleh 1 orang karyawan saja. Loket ini merupakan server awal yang harus dimasuki oleh
pasien sebelum mendapatkan pelayanan dokter. Karyawan mendata calon pasien
dengan menanyakan identitas seputar nama, umur, dan lain-lain.
b Server
2
Server 2 merupakan tahap
pelayanan dokter terhadap pasien. Setelah pasien mendatarkan diri di server 1, selanjutnya adalah pasien
duduk di kursi tunggu sampai staff
memanggil pasien tersebut untuk mendapatkan pelayanan dokter. Waktu pelayanan
relatif tidak seragam dikarenakan keluhan antar pasien tidak sama.
c Server
3
Server 3 merupakan tempat yang
dikunjungi oleh pasien setelah mendapatkan pelayanan dari dokter. Di server ini pasien mendaftarkan diri
kembali untuk mendapatkan pelayanan berupa penebusan obat sesuai resep yang
telah diberi oleh dokter. Setelah mendaftarkan diri, pasien menunggu kembali
hingga staff memanggil nama pasien untuk
mendapatkan obat sekaligus pembayaran.
2 Layout Objek
Layout objek yang terdiri dari 3 server disajikan pada gambar sebagai
berikut:
Berdasarkan
gambar 4.2 layout ojek pengamatan diatas,
dapat diketahui bahwa server 1 berada
diantara server 2 dan 3. Server 1 merupakan loket pendataran, server 2 adalah ruang periksa dokter,
dan server 3 adalah apotek dan
pembayaran.
3
Deskripsi Sistem menggunakan Elemen-elemen Sistem
Deskripsi sistem
dari elemen-elemen yang ada terdiri dari entitas, resource, dan activity.
- Entitas
Entitas merupakan segala item yang diproses dalam sistem. Entitas dalam
sistem ini antara lain:
a.
Pasien c. Petugas loket pembayaran
b.
Petugas loket pendaftaran d. Dokter
- Resouce
Resource adalah bagian dari
elemen sistem yang melakukan aktivitas. Resouce
yang terdapat dalam sistem ini antara lain sebagai berikut:
1.
1 orang petugas loket pendaftaran.
2.
1 orang petugas loket pembayaran.
3.
1 orang dokter.
- Activity
Aktivitas adalah kegiatan yang dilakukan dalam sistem yang dapat
mempengaruhi sistem secara langsung maupun tidak dalam pemrosesan entitas.
A. Aktivitas pasien
Aktivitas yang dilakukan pasien dalam sistem ini antara lain sebagai
berikut:
1.
Pasien datang.
2.
Pasien mendaftar pada loket pendaftaran
pelayanan dokter.
3.
Pasien menunggu untuk dilayani dokter.
4.
Pasien dilayani oleh dokter.
5.
Pasien mendaftar pada loket pendaftaran
penebusan obat.
6.
Pasien menunggu untuk penebusan obat dan
pembayaran.
7.
Pasian menebus obat dan melakukan pembayaran.
8.
Pasian pergi.
B. Aktivitas petugas loket pendaftaran
Aktivitas yang dilakukan oleh petugas loket pendaftaran dalam sistem ini
antara lain sebagai berikut:
1.
Petugas memasukkan data pasien.
2.
Petugas memanggil nama pasien.
C. Aktivitas petugas loket pembayaran
Aktivitas yang dilakukan oleh petugas loket pembayaran dalam sistem ini
antara lain sebagai berikut:
1.
Petugas memasukkan data pasien.
2.
Petugas memanggil nama pasien.
3.
Petugas memberikan obat.
4.
Petugas menerima pembayaran pasien.
D. Aktivitas dokter
Aktivitas yang dilakukan oleh pasien dalam sistem ini antara lain sebagai
berikut:
1.
Dokter melayani pasien
2.
Dokter memberikan resep obat.
4 Activity table dan Activity Cyclle
Diagram (ACD)
Activity table dari aktivitas
masing-masing entitas adalah sebabgai berikut:
Berdasarkan
Tabel 1.4.1 Activity table dapat
diketahui aktivitas-aktivitas dari setiap entitas. Dimana entitas terdiri dari
pasien, petugas loket pendaftaran, petugas loket pembayaran, dan dokter. Symbol yang digunakan yaitu arrive, regisstration, waiting, serve,
payment, leave, input, idle, call, give, dan receive.
Berdasarkan
gambar 1.4.3 ACD proses pelayanan di klinik Dr. Ahmad Ni’am diketahui pasien melakukan aktifitas arrive,
registrastion, waiting, serve, paymet dan leave. Sedangkan petugas loket
pendaftaran melakukan aktifitas serve, input, call, dan idle. Petugas loket
pembayaran melakukan aktivitas serve, input, call, give, receive, dan idle. Dan
yang terakhir adalah dokter melakukan aktivitas serve, give, dan idle.
5
Perameter Untuk Mengamati Kinerja Sistem
Parameter yang
digunakan dalam melakukan pengamatan di klinik Dr. Ahmad Ni’am antara lain:
a.
Lama antrian
Lamanya waktu antrian digunakan untuk
mengetahui perbandingan antara waktu proses dan banyaknya pasien yang datang.
b.
Utilitas
Utilitas digunakan sebagai parameter untuk
mengamati tingkat kegunaan pada sebuah sistem, dan untuk mengetahui besar
persentase dai setiap resources yang
terdapat pada total waktu tertentu. Parameter digunakan untuk menentukan
banyaknya pegawai supaya tidak terjadi kelebihan pegawai dan aktu idle.
c.
Panjang antrian
Panjang antrian dalam server perlu diukur
untuk diajadikan bahan petimbangan dalam pembuatan skenario perbaikan. Skenario
yang diusulkan nantinya akan berupa penambahan server, atau yang lainnya.
6
Skenario Perbaikan Untuk Meningkatkan Performance
Sistem
Beberapa
skenario yang dilakukan untuk melakukan perrbaikan terhadap sistem yang ada
antara lain sebagai berikut:
a.
Skenario 1
Berdasarkan sistem nyata yang digunakan
diketahui bahwa banyak pasien yang menunggu antrian saat registrasi, hal ini
bukan disebabkan oleh waktu registrasi yang lama, melainkan banyaknya pasien
yang datang dalam setiap waktunya. Maka untuk perbaikan sekenario seharusnya
klinik Dr. Ahmad Ni’am menambah resource
pada proses registrasi, sehingga tugas petugas di loket pendaftaran akan
dibantu oleh petugas tambahan.
b.
Skenario 2
Antrian juga banyak ternjadi pada saat
pasien menunggu untuk mendapatkan pelayanan dokter. Dengan pasien yang tidak
sedikit, kurang eektif rasanya jika di klinik tersebut hanya menggunakan jasa 1
orang dokter saja. Dengan demikian, seharusnya klini Dr. Ahmad Ni’am menambah
jasa dokter, sehingga dalam satu waktu, klinik tersebut daat melayani 2 pasien
sekaligus.
c.
Skenario 3
Bagian apoteker dan pembayaran juga
mengalami atrian yang cukup lama. Petugas yang bekerja di server ini hanya terdapat 1 orang saja yang melakukan 2 tugas
sekaligus, yaitu memberikan jenis obat sesuai resep dokter kemudian menerima
pembayaran dari pasien. Skenario yang dapat dilakukan di klinik Dr. Ahmad Ni’am
ini adalah dengan menambah 1 server
lagi yang khusus melayani pasien di bagian pembayaran. Dengan demikian server 3 hanya bertugas memberikan obat
sesuai resep dokter saja.
7
Activity Cycle Diagram (ACD) Perbaikan
Penggambaran
skenario perbaikan dilakukan pada ketiga skenario yang telah diusulkan, yaitu
skenario 1, 2, dan 3.
a. Skenario 1
Skenario 1
dilakukan dengan penambahan resouce pada server
1, sehingga petugas di loket pendaftaran akan berumlah 2 orang yang tetap
melayani 1 pasien.
Berdasarkan ACD
perbaikan skenario 1 diatas, dapat dikeahui bahwa antrian di server 1 sudah tidak terjadi lagi. Ini
dikarenakan penambahan resouce yang telah dilakukan, sehingga resouce tambahan
tadi akan bertugas membantu resource awal.
b.
Skenario 2
Skenario 2
dilakukan dengan penambahan server
pada server 2 yaitu penambahan umlah
dokter yang awalnya hanya 1 orang menjadi 2 orang.
Berdasarkan ACD perbaikan skenario 2
diatas, dapat dikeahui bahwa antrian di server
2 sudah tidak terjadi lagi. Ini dikarenakan penambahan server yang telah dilakukan, sehingga dalam satu waktu, klinik
tersebut daat melayani 2 pasien sekaligus.
3.
Skenario 3
Skenario 3
dilakukan dengan penambahan resouce pada server
3, sehingga petugas di apotek dan loket pembayaran akan berumlah 2 orang yang
tetap melayani 1 pasien.
Berdasarkan ACD
perbaikan skenario 3 diatas, dapat dikeahui bahwa antrian di server 3 sudah tidak terjadi lagi. Ini
dikarenakan penambahan resouce yang telah dilakukan, sehingga resouce tambahan
tadi akan bertugas membantu resource awal.
0 Komentar untuk "Analisis menggunakan activity table dan activity cycle diagram"