Analisis menggunakan activity table dan activity cycle diagram


ANALISIS DAN PEMBAHASAN


1 Deskripsi Sistem Nyata

Sistem Nyata yang kami amati adalah sistem pada pelayanan pengobatan di Dr. Ahmad Ni’am Surabaya. Pada sistem di Dr. Ahmad Ni’am terdapat 3 server, yaitu loket pendataran, pelayanan dokter, dan apotek.

Server 1

Server 1 merupakan loket pendataran yang dilayani oleh 1 orang karyawan saja. Loket ini merupakan server awal yang harus dimasuki oleh pasien sebelum mendapatkan pelayanan dokter. Karyawan mendata calon pasien dengan menanyakan identitas seputar nama, umur, dan lain-lain.

Server 2

Server 2 merupakan tahap pelayanan dokter terhadap pasien. Setelah pasien mendatarkan diri di server 1, selanjutnya adalah pasien duduk di kursi tunggu sampai staff memanggil pasien tersebut untuk mendapatkan pelayanan dokter. Waktu pelayanan relatif tidak seragam dikarenakan keluhan antar pasien tidak sama.

Server 3

Server 3 merupakan tempat yang dikunjungi oleh pasien setelah mendapatkan pelayanan dari dokter. Di server ini pasien mendaftarkan diri kembali untuk mendapatkan pelayanan berupa penebusan obat sesuai resep yang telah diberi oleh dokter. Setelah mendaftarkan diri, pasien menunggu kembali hingga staff memanggil nama pasien untuk mendapatkan obat sekaligus pembayaran.


 

2 Layout Objek

Layout objek yang terdiri dari 3 server disajikan pada gambar sebagai berikut:

 

Berdasarkan gambar 4.2 layout ojek pengamatan diatas, dapat diketahui bahwa server 1 berada diantara server 2 dan 3. Server 1 merupakan loket pendataran, server 2 adalah ruang periksa dokter, dan server 3 adalah apotek dan pembayaran.

3 Deskripsi Sistem menggunakan Elemen-elemen Sistem

Deskripsi sistem dari elemen-elemen yang ada terdiri dari entitas, resource, dan activity.

- Entitas

Entitas merupakan segala item yang diproses dalam sistem. Entitas dalam sistem ini antara lain:
a.    Pasien                                                       c.  Petugas loket pembayaran
b.    Petugas loket pendaftaran                       d.  Dokter

Resouce

Resource adalah bagian dari elemen sistem yang melakukan aktivitas. Resouce yang terdapat dalam sistem ini antara lain sebagai berikut:
1.    1 orang petugas loket pendaftaran.
2.    1 orang petugas loket pembayaran.
3.    1 orang dokter.

Activity

Aktivitas adalah kegiatan yang dilakukan dalam sistem yang dapat mempengaruhi sistem secara langsung maupun tidak dalam pemrosesan entitas.
A.  Aktivitas pasien
Aktivitas yang dilakukan pasien dalam sistem ini antara lain sebagai berikut:
1.    Pasien datang.
2.    Pasien mendaftar pada loket pendaftaran pelayanan dokter.
3.    Pasien menunggu untuk dilayani dokter.
4.    Pasien dilayani oleh dokter.
5.    Pasien mendaftar pada loket pendaftaran penebusan obat.
6.    Pasien menunggu untuk penebusan obat dan pembayaran.
7.    Pasian menebus obat dan melakukan pembayaran.
8.    Pasian pergi.

B.  Aktivitas petugas loket pendaftaran
Aktivitas yang dilakukan oleh petugas loket pendaftaran dalam sistem ini antara lain sebagai berikut:
1.    Petugas memasukkan data pasien.
2.    Petugas memanggil nama pasien.

C.  Aktivitas petugas loket pembayaran
Aktivitas yang dilakukan oleh petugas loket pembayaran dalam sistem ini antara lain sebagai berikut:
1.    Petugas memasukkan data pasien.
2.    Petugas memanggil nama pasien.
3.    Petugas memberikan obat.
4.    Petugas menerima pembayaran pasien.


D.  Aktivitas dokter
Aktivitas yang dilakukan oleh pasien dalam sistem ini antara lain sebagai berikut:
1.    Dokter melayani pasien
2.    Dokter memberikan resep obat.

4 Activity table dan Activity Cyclle Diagram (ACD)

Activity table dari aktivitas masing-masing entitas adalah sebabgai berikut:

 

Berdasarkan Tabel 1.4.1 Activity table dapat diketahui aktivitas-aktivitas dari setiap entitas. Dimana entitas terdiri dari pasien, petugas loket pendaftaran, petugas loket pembayaran, dan dokter. Symbol yang digunakan yaitu arrive, regisstration, waiting, serve, payment, leave, input, idle, call, give, dan receive.

 

Berdasarkan gambar 1.4.3 ACD proses pelayanan di klinik Dr. Ahmad Ni’am  diketahui pasien melakukan aktifitas arrive, registrastion, waiting, serve, paymet dan leave. Sedangkan petugas loket pendaftaran melakukan aktifitas serve, input, call, dan idle. Petugas loket pembayaran melakukan aktivitas serve, input, call, give, receive, dan idle. Dan yang terakhir adalah dokter melakukan aktivitas serve, give, dan idle.

5 Perameter Untuk Mengamati Kinerja Sistem

Parameter yang digunakan dalam melakukan pengamatan di klinik Dr. Ahmad Ni’am antara lain:
a.    Lama antrian
Lamanya waktu antrian digunakan untuk mengetahui perbandingan antara waktu proses dan banyaknya pasien yang datang.
b.    Utilitas
Utilitas digunakan sebagai parameter untuk mengamati tingkat kegunaan pada sebuah sistem, dan untuk mengetahui besar persentase dai setiap resources yang terdapat pada total waktu tertentu. Parameter digunakan untuk menentukan banyaknya pegawai supaya tidak terjadi kelebihan pegawai dan aktu idle.
c.    Panjang antrian
Panjang antrian dalam server perlu diukur untuk diajadikan bahan petimbangan dalam pembuatan skenario perbaikan. Skenario yang diusulkan nantinya akan berupa penambahan server, atau yang lainnya.

6 Skenario Perbaikan Untuk Meningkatkan Performance Sistem

Beberapa skenario yang dilakukan untuk melakukan perrbaikan terhadap sistem yang ada antara lain sebagai berikut:
a.    Skenario 1
Berdasarkan sistem nyata yang digunakan diketahui bahwa banyak pasien yang menunggu antrian saat registrasi, hal ini bukan disebabkan oleh waktu registrasi yang lama, melainkan banyaknya pasien yang datang dalam setiap waktunya. Maka untuk perbaikan sekenario seharusnya klinik Dr. Ahmad Ni’am menambah resource pada proses registrasi, sehingga tugas petugas di loket pendaftaran akan dibantu oleh petugas tambahan.
b.    Skenario 2
Antrian juga banyak ternjadi pada saat pasien menunggu untuk mendapatkan pelayanan dokter. Dengan pasien yang tidak sedikit, kurang eektif rasanya jika di klinik tersebut hanya menggunakan jasa 1 orang dokter saja. Dengan demikian, seharusnya klini Dr. Ahmad Ni’am menambah jasa dokter, sehingga dalam satu waktu, klinik tersebut daat melayani 2 pasien sekaligus.
c.    Skenario 3
Bagian apoteker dan pembayaran juga mengalami atrian yang cukup lama. Petugas yang bekerja di server ini hanya terdapat 1 orang saja yang melakukan 2 tugas sekaligus, yaitu memberikan jenis obat sesuai resep dokter kemudian menerima pembayaran dari pasien. Skenario yang dapat dilakukan di klinik Dr. Ahmad Ni’am ini adalah dengan menambah 1 server lagi yang khusus melayani pasien di bagian pembayaran. Dengan demikian server 3 hanya bertugas memberikan obat sesuai resep dokter saja.

7 Activity Cycle Diagram (ACD) Perbaikan

Penggambaran skenario perbaikan dilakukan pada ketiga skenario yang telah diusulkan, yaitu skenario 1, 2, dan 3.
a. Skenario 1
Skenario 1 dilakukan dengan penambahan resouce pada server 1, sehingga petugas di loket pendaftaran akan berumlah 2 orang yang tetap melayani 1 pasien.
 


Berdasarkan ACD perbaikan skenario 1 diatas, dapat dikeahui bahwa antrian di server 1 sudah tidak terjadi lagi. Ini dikarenakan penambahan resouce yang telah dilakukan, sehingga resouce tambahan tadi akan bertugas membantu resource awal.
b.    Skenario 2
Skenario 2 dilakukan dengan penambahan server pada server 2 yaitu penambahan umlah dokter yang awalnya hanya 1 orang menjadi 2 orang.
 


Berdasarkan ACD perbaikan skenario 2 diatas, dapat dikeahui bahwa antrian di server 2 sudah tidak terjadi lagi. Ini dikarenakan penambahan server yang telah dilakukan, sehingga dalam satu waktu, klinik tersebut daat melayani 2 pasien sekaligus.
3.    Skenario 3
Skenario 3 dilakukan dengan penambahan resouce pada server 3, sehingga petugas di apotek dan loket pembayaran akan berumlah 2 orang yang tetap melayani 1 pasien.

 


Berdasarkan ACD perbaikan skenario 3 diatas, dapat dikeahui bahwa antrian di server 3 sudah tidak terjadi lagi. Ini dikarenakan penambahan resouce yang telah dilakukan, sehingga resouce tambahan tadi akan bertugas membantu resource awal.

0 Komentar untuk "Analisis menggunakan activity table dan activity cycle diagram"

Back To Top