Apa itu Perancangan Sistem Informasi menurut ahli


1.  Perancangan Sistem Informasi

Menurut Adiguna (2018), Analisis dan perancangan sistem merupakan langkah awal dalam pengembangan sistem untuk menentukan kebutuhan, permasalah yang dapat diatasi dari adanya sebuah sistem yang akan dibangun, dan sistem seperti apa yang akan dibuat. Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan informasi merupakan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima. Sehingga sistem Informasi merupakan suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial.
Menurut Anisah (2017), sistem informasi merupakan kombinasi yang teratur antara user, software, hardware, jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, serta menyebarkan informasi pada sebuah perusahaan yang saling berinteraksi dan membentuk satu kesatuan. Perancangan sistem informasi merupakan kegiatan untuk menciptakan konsep kerja yang terpadu antara manusia dengan mesin guna menghasilkan suatu informasi yang akurat dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung fungsi operasi manajemen.

2.  Data Flow Diagram


Data flow diagram merupakan diagram yang menggambarkan suatu sistem yang sudah ada maupun sistem baru yang hendak dikembangkan tanpa mempertimbangkan dimana data akan disimpan. DFD juga dipakai dalam metodelogi pengembangan sistem secara terstruktur. Penggunaan DFD sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD juga merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan sistem yang sedang berjalan logis (Christian,2018).


3.  Arsitektur Web Database

Menurut Christian (2018), PHP atau Hypertext Preprocessor yaitu bahasa pemrograman berbasis web yang berfungsi untuk membuat website yang dinamis. untuk mengelola database dengan cepat, bisa menampung data yang sangat besar, dapat diakses oleh banyak pengguna serta dapat menjalankan proses yang bersamaan dengan menggunakan MySQL. Selain itu juga ada Xampp yang merupakan suatu paket installer yang berisi Apache sebagai web server tempat menyimpan file yang diperlukan untuk website dan phpmyadmin yang digunakan untuk perancangan sebuah database pada MySQL. Software Dreamweaver adalah software web editor untuk merancang dan mendesain website dengan menggunakan fitur yang menarik dan mudah digunakan.

4.  Use Case Diagram


Menurut Anisah (2017), use case diagram merupakan sebuah diagram yang digunakan untuk memahami dan menganalisis kebutuhan sistem yang diperlukan oleh sistem pada saat perancangan sebuah sistem yang diusulkan yang berisikan tentang use case, actor, dan hubungan diantaranya. Daftar simbol pada use case diagram sebagai berikut:


Labels: Pengetahuan

Thanks for reading Apa itu Perancangan Sistem Informasi menurut ahli. Please share...!

0 Komentar untuk "Apa itu Perancangan Sistem Informasi menurut ahli"

Back To Top