Pengertian Time study, Waktu normal dan Peta Tangan kanan tangan kiri

Pengertian Time study, Waktu normal dan Peta Tangan kanan tangan kiri

1 Time Study

Menurut Norita (2015), Time study adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mengetahui lama awal waktu kerja yang dibutuhkan operator hingga pekerjaan selesai. Time study juga dilakukan untuk mendapatkan rancangan (desain) terbaik pada sautu sistem kerja. Prinsip-prinsip dalam teknik kerja dimanfaatkan sebagai pengaturan komponen-komponen yang terdiri dalam bahan baku, mesin, operator, serta kingkungan kerja fisik. Dilakukan time study berguna untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja. Studi gerak dapat menganalisis badan pekerja atau operator dalam  melalakukan suatu pekerjaan agar gerakan-gerakan yang tidak efektif dan efisien dapat dihilangkan. Metode ini juga dapat menghemat waktu kerja serta kelelehan operator dapat dihilangkan. Dalam suatu pekerjaan atau aktivitas dapat diuraikan menjadi beberapa elemen gerakan supaya dilakukan studi guna untuk menghasilkan rangkaian yang efisien dalam setiap gerakan. Cara yang dilakukan yaitu dengan menyederhanakan gerakan kerja yang tidak dibutuhkan, serta menetapkan langkah-langkah gerakan kerja yang mampu menghasilkan gerakan paling efektif.
Bagian dasar untuk menyempurnakan konsep time study ini yaitu dengan gerakan therblig. Gillbert dan istrinya menyampaikan gerakan-gerakan kerja dalam 17 elemen gerakan dasar  THERBLIG. Elemen-elem dasar gerakan Therblig adalah gerakan tangan yang biasa yang terjadi apabila suatu pekerjaan tersebut terjadi, dan bersifat secara manual. Berikut ini merupakan 17 elemen kerja gerakan therblih :

2 Peta Tangan Kiri dan Tangan Kanan

Menurut Norita (2015), Peta tangan kiri dan tangan kanan adalah suatu alat yang di tetapkan dalam studi gerakan dengan tujuan menemukan gerakan-gerakan yang paling efisien. Dengan memperhatikan gerakan-gerakan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu aktivitas atau pekerjaan. Peta tangan kiri dan tangan kanan menggambarkan semua gerakan pada saat bekerja dan menganalisa waktu yang menganggur yang disebabkan oleh tangan kiri dan tangan kanan. Peta tangan kiri dan tangan kanan juga menunjukkan perbandingan pada tugas yang dibebankan oleh tangan kiri dan tangan kanan saat menyelesaikan suatu pekerjaan. Dalam pembuatan peta operator terdapat 8 elemen gerakan therblig agar lebih efektif untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, yang digunakan yaitu Reach (RE), Release (RL), Delay (D), Move (M), Use (U), Grap (G), Hold (H), Position (H).

3 Studi Waktu

Menurut Norita (2015), Pengukuran waktu digunakan untuk mendapatkan waktu baku penyelesaian pekerjaan.Waktu itu sendiri dibutuhkan secara wajar oleh seorang operator atau pekerja normal untuk menyelesaikan suatu aktivitas yang dikerjakan dengan sistem kerja terbaik. Dalam suatu pekerjaan peranan waktu sangat penting untuk pekerjaan dalam sitem produksi misalkan untuk sistem upah perangsang, pengaturan pada tata letak pabrik, penjadwalan dalam kerja mesin, penganggaran dan masih banya lagi.

4 Waktu Siklus

Menurut Norita (2015), Waktu siklus merupakan pengukuran waktu menggunakan stopwatch dengan menghitung waktu dari setiap gerakan yang terjadi. Setiap operator akan menghasilkan waktu yang berbeda pada seetiap gerakannya dalam pengerjaan inkubasi. Jika menghasilkan waktu yang berbeda pada setiap gerakannya maka dapat dilihat waktu siklus standar yang dapat dilaukan oleh pekerja dengan memiliki kemampuan yang cukup baik. Berikut ini merupakan rumus waktu siklus :


Dimana : Ws = waktu siklus
                 Xi = data pengamatan
                  N = banyaknya pengamatan

5 Waktu Normal

Menurut Norita (2015), waktu normal merupakan waktu yang digunakan oleh operator dalam bekerja secara wajar tanpa menyetarkan usaha-usaha yang terlalu berlebihan disepanjang hari kerja.  Pada sistem dan konsi kerja lingkungan kerja yang wajar maka menghasilkan sistem kerja yang reltif mudah. Terdapat tiga unsur yang belum ditambahkan sebelum mendapatkan waktu baku yaitu menghilangkan rasa lelah, menambahkan unsur kebutuhan pribadi kerja, mendapatkan waktu baku.

6 Kelonggaran / Allowance

Menurut Norita (2015, kelonggaran terdapat tiga penggolongan yang terdiri dari :
1. Kelonggaran untuk kebutuhan pribadi, misalkan minum, ke kamar kecil, dan bekerja
2. Kelonggaran untuk menghilangkan rasa letih (fatique)
3. Keloggaran untuk hambatan-hambatan yang tidak bisa dihindarkan.

2 komentar on Pengertian Time study, Waktu normal dan Peta Tangan kanan tangan kiri

  1. koq ane gak ngerti ya min?

    jangan lupa ya kunjungi juga
    https://looperday.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. ilmu bermanfaat nih hhe

    ditunggu kunjungan baliknyanya ya gan:
    https://www.logogratis.id

    BalasHapus

Back To Top